Tips membeli komputer/ pc rakitan

Membeli komputer tak bisa sembarangan hal yang paling penting adalah anda harus tau dahulu tentang komputer dan bila anda anda ingin membeli komputer tapi tak tau tentang komputer maka anda harus menanyakannya pada orang yang ahli, minimal anda menanyakannya dengan teknisi komputer yang ada di toko komputer di tempat anda membeli komputer, ada 2 jenis komputer desktop yaitu Komputer rakitan dan built up. Komputer rakitan berarti kita memilih parts atau komponen yang kita inginkan baru kemudian kita rakit menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer seutuhnya. Komputer built up berarti kita membeli jadi sebuah komputer yang telah dirakit oleh vendor atau perusahaan tertentu. Jadi membeli komputer built up persis seperti membeli TV. Komputer built up memang lebih simple saat membelinya, tapi harga PC built up mahal Dengan spesifikasi yang sama, PC rakitan bisa lebih murah 40% – 50% daripada PC built up. Kelebihan PC built up yang paling signifikan adalah umur yang lebih panjang dan biasanya disertakan software Windows asli tapi anda tak perlu khawatir asalkan anda bertanya langsung dengan teknisi komputer atau mengupdate pengetahuan anda tentang produk dan performa yang support dengan produk rakitan yang anda beli maka anda tak perlu khawatir tentang lama dan tidaknya umur komputer anda asalkan saling mendukung produknya maka di jamin komputer anda akan tahan lama alias panjang umurnya.

Hal yg perlu di perhatikan pada saat membeli PC:

Processor; pilihan yang paling umum saat ini adalah AMD dan intel. AMD menawarkan kinerja yang luar biasa khususnya untuk grafis, sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan. Pilihan prosesor lebih ke selera dan kebutuhan. Jika suka main game dan berdesain ria, terutama 3d; AMD mantap. Jika untuk kantor, digunakan sehari-hari, untuk server, atau warnet, Intel aja deh yang gampang dan lebih mudah dalam perawatan. dan seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini kedua jenis prosesor tersebut memiliki saingan baru yang tidak kalah hebatnya, yaitu prosesor dengan tipe SOC (System On Chip), tipe ini menawarkan ukuran yang kompak (kecil) dengan daya rendah namun berkemampuan yang tidak kalah bila dibandingkan dengan Prosesor AMD dan Intel pada umumnya. ada beberapa produsen yang membuat prosesor ini yaitu Intel,AMD,Qualcomm,Nvidia,Mediatek dan masih banyak lagi. Saat ini prosesor dengan tipe ini sedang giat di kembangkan karena lebih efisien daya dan memiliki ukuran yang kecil dan bobot yang ringan.

Motherboard atau mobo; wah ini dia yang paling bikin bingung. Merknya macam-macam begitu juga fiturnya. Yang jelas tanya sama penjualnya apa mobonya cocok dengan prosesor pilihan kita seperti diatas, pastikan mobo yg kita beli mendukung prosessor yg kita pakai, jika tidak maka pasti akan ada masalah di kemudian hari. Yang utama adalah “jangan terlalu mengorbankan kualitas demi harga yg murah”. Karena menurut pengalaman saya, mobo murah identik dengan kualitas yang pas-pasan. Merk yg saya anjurkan adalah: Gigabyte, Abit, ASUS, MSI, Foxconn, Intel. Merk-merk itu sudah terbukti handal, paling tidak menurut pengalaman saya.

VGA card; VGA card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3D. Ada dua Socket untuk VGA; PCI-Express (PCI-X) dan AGP. PCI-X adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP. Biasanya PCI-X sudah banyak terdapat di mobo terbaru. Jika anda yang berdana terbatas, VGA card tambahan ini bisa diabaikan jika mobo anda memiliki built in VGA card (ON BOARD). Atau anda tidak membutuhkan sebuah komputer yang memiliki kemampuan grafis di atas rata-rata, biasanya untuk desain grafis, mengedit video ataupun bermain game.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan VGA Card, pastikan agar tidak salah membeli. Karena VGA card juga ada dua jenis peruntukannya, yaitu untuk pengolahan gambar/video dan untuk menampilkan gambar/video (bermain game).Contohnya adalah pada merk NVIDIA ada dua seri VGA card yang mereka produksi, yaitu Quadro dan GeForce. untuk Quadro di peruntukkan bagi user yang mengharapkan kinerja maksimal pada desain grafis maupun pengolahan video sedangkan GeForce lebih di fokuskan pada kualitas pengolahan untuk menampilkan gambar pada suatu aplikasi (bermain game).

Memory; Memory atau RAM adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-1, DDR-2,DDR3 dan DDR4. Pastikan bahwa mobo anda mendukungnya. DDR-2 jelas lebih cepat daripada DDR-1 dengan harga yang tidak jauh berbeda. Sesuaikan kebutuhan anda, umumnya aplikasi saat ini setidaknya membutuhkan RAM dengan minimal tipe DDR2, namun bukan berarti dengan menggunakan RAM DDR1 aplikasi tersebut tidak bisa berjalan. hal ini hanya untuk meningkatkan efektifitas dari kegiatan kita saat menggunakan komputer tersebut. tentunya anda tidak mau terlalu lama menunggu proses pada suatu aplikasi/program di komputer dikarenakan lambatnya perangkat keras komputer anda.
Harddisk; Jika mobo anda mendukung SATA jangan ragu2 gunakan SATA. Port IDE lama kurang ergonomis dan kalah cepat dibanding SATA. Harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk size itu terserah anda. Bila ingin merasakan perbedaan kecepatan pada komputer anda, kita bisa juga mengunakan Harddisk dengan tipe SSD. Seiring dengan perkembangan teknologi , harddisk tipe ini semakin canggih dimana kecepatannya berkali lipat dari harddisk dengan tipe piringan. Pada SSD tidak menggunakan piringan lagi sebagai media penyimpanannya, namun mengunakan chip semikonduktor sehingga akses datanya memakan waktu lebih sedikit.

Soundcard; Kebanyakan mobo sekarang sudah dilengkapi dengan soundcard built in atau ON BOARD. Jadi kemungkinan anda tidak usah membelinya. Kecuali jika anda seorang profesional di bidang musik dan recording. Anda bisa membeli soundcard add on yang jauh lebih handal seperti Creative Soundblaster Audigy dan sebagainya.

Power Supply; PSU (power supply unit) beragam, dari yang murah sampai yang super mahal. Semakin mahal tentu saja semakin stabil pasokan listrik dan semakin awet komponen PC anda. Tapi tidak berarti yang murah itu murahan. Paling tidak komputer anda bisa dipakai seperti biasa. Biasanya PSU standar sudah bersama dengan casing yang bisa anda pilih sesuai selera. Sebagai catatan, jangan menambahkan VGA card eksternal pada komputer standar. Karena hal ini dapat membuat usia komputer anda lebih pendek, ganti PSU apabila anda melakukan upgrade pada komputer anda agar kelistrikan komputer tidak defisit. komputer yang dayanya lebih stabil, suhu kerjanya akan lebih rendah dan berumur panjang.

Sisanya adalah aksesoris seperti; CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Monitor, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard, Printer, dan sebagainya itu terserah selera anda. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah anda beli. Hati-hati, merk mahal belum tentu sesuai belilah sesuai kebutuhan.

Terakhir adalah software. Komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya secara terpisah. Yah kalau kepepet pas lagi bokek, beli saja yang bajakan. Tapi kalau mau aman gunakan Open Source Operating System atau kita mengenalnya dengan Linux.

Terima kasih, semoga bermanfaat bagi anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: