menghilangkan storing pada audio sistem mobil

terkadang kita merasakan kejenuhan pada sistem audio mobil yang standar dan ingin mencoba untuk memasang sendiri audio sistem yang baru. namun ketika proses pemasangan selesai, tmbullah sebuah masalah baru, yaitu “storing”. storing adalah istilah suara lain (yg tidak diinginkan) yang masuk kedalam sistem audio mobil. storing bisa saja terjadi dikarenakan bebrerapa faktor antara lain:

1. kurangnya ground pada sistem audio yang kita pasang.
2. kabel busi yang kualitasnya jelek/ bocor.
3. kabel sistem kelistrikan audio sistem mobil kita yang memiliki kualitas yang buruk atau terlalu kecil ukurannya.
4. kabel audio (RCA) yang kualitasnya jelek.
5. kabel pengapian mobil yang sudah rusak (biasanya mobil lawas).
6. aki mobil yang sudah rusak /soak.

untuk menghadapi permasalahan tersebut terkadang orang merasa pusing untuk menyelesaikannya dan sekaligus bingung. namun ada langkah2 yang perlu anda lakukan untuk mempermudah proses “solving” masalah ini. antara lain:

1. perhatikan usia mobil. jika usia mobil lebih dari 5 tahun maka terlebih dahulu cek kabel bodi dan pengapian mobil.
2. perhatikan bodi mobi, apakah mengalami karatan atau tidak. Jika iya maka anda perlu memperbaiki hal tersebut, karena terkadang instalatur mengambil ground/ negative aki mobil dari bodi mobil.
3. jangan melewatkan pengecekan aki, periksa apakah ari aki kurang (untuk aki basah), jangan lupa bersihkan terminal positif dan negative aki dar kotoran, ampelas dengan ampelas halus bila perlu.
4. cek apakah kabel ground dari aki mobil ke bodi mobil masih baik kondisinya, tambahkan ground sistem baru bila diperlukan.
5. perhatikan kabel busi mobil dengan seksama, jangan sampai ada yang terkelupas dan bocor, jika renggang maka pasang kembali kabel busi tersebut dengan benar.
6. jika kondisi diatas sudah cukup baik, maka anda perlu malihat kualitas dari material audio sistem itu sendiri.
7. cek apakah kabel pengapian amplifier sudah baik dan sesuai. power amplifier dengan daya 500w 2 channel memerlukan kabel dengan ukuran minimal 10 AWG dan begitu seterusnya, semakin besar daya amplifier maka semakin besar pula kabel yang diperlukan.
8. kabel audio (RCA) terkadang menjadi faktor yang paling menentukan hasil dari instalasi audio, jadi usahakan menggunakan kabel yang baik mutunya, biasanya memiliki pelapis/ pelindung yang bagus.
9. jauhkan kabel audio sistem mobil dari kabel kelistrikan mobil, hal ini bertujuan untuk meminimalkan kemungkinan induksi elektromagnet yang dapat mengganggu kualitas suara.
10. pisahkan antara kabel input audio ke amplifier, dengan kabel kelistrikan amplifier.
11. rapikan perkabelan yang tidak terisolasi dengan baik, dengan isolasi yang baik maka akan mengurangi resiko knsleting yang dapat terjadi.

Jika audio sistem mobil anda mengalami masalah ini cobalah langkah2 tersebut diatas.

semoga bermanfaat : )

7 Responses

  1. gan, saya pasang tv baru koq tiba-tiba muncul storing. da pa ya gan ?

    • kalau storing muncul setelah pasang head unit ato tv, biasanya kabel RCA yg dipakai kualitasnya kurang baik. kalaupun kualitas RCA nya sudah baik, bisa jadi penempatan kabel RCA tsb terlalu dekat dengan kabel-kabel bodi.
      usahakan jauhkan jarak antara kabel audio system dengan kabel bodi. kalaupun masih terjadi storing walaupun kedua cara tersebut sudah benar. maka bisa jadi storing tersebut berasal dari head unit itu sendiri. untuk masalah tersebut anda bisa menggunakan rangkaian anti storing yg biasanya di jual di toko variasi mobil atau toko elektronika.
      semoga membantu..

  2. pasang headunit kok tiba-tiba muncul storing, da pa ya gan ?

  3. Pak, aku pasang head unit dan power di mobil, tapi tiap kali dihidupkan pada awalnya bunyi suara “cuit” panjang, tapi selang 1 menit hilang, padahal mesin belum distar, mohon bantuan cara ngialnginya, makasih sebelunya.

    • maaf terlambat di balas…
      kalo bunyi cuit itu, biasanya masalah dari power atau head unit itu sendiri, kalau head unit waktu di test ada bunyi cuit, berarti bunyi tersebut berasal dari head unit. atau bisa jadi head unit, power amplifier yg saudara gunakan kualitasnya atau kondisinya kurang baik.
      jika memang head unit dan power amplifiernya bermerek dan dipastikan kualitas dan kondisinya dalam keadaan bagus, maka hal tersebut terjadi karena kabel kelistrikan dan kabel input yang kurang bagus. cobalah ganti jack RCA yg digunakan sekarang dengan yg lebih baik lagi kualitasnya. usahakan untuk kabel power memiliki ukuran minimal “8 AWG”. dan satu lagi, jangan lupa pastikan ground (negatif) body dalam keadaan baik dan tidak berkarat.
      semoga ini membantu saudara. terima kasih.

  4. cara paling bagus untuk menghilangkan storing pada audio mobil adalah dengan memasang inverter 12 volt dc ke 12 volt dc untuk catu daya head / tape. semoga bermanfaat.

  5. sebenarnya istilah inverter adalah kurang tepat digunakan untuk menghilangkan storing pada audio sistem kendaraan. yg tepat adalah trafo filter, dan biasanya untuk membuat sebuah trafo ini di gunakan kawat emil yang berdiameter 2mm dan di lilitkan pada sebuah inti besi ataupun pada sebuah ferrite, dan kemudian di pasang pada bagian catu daya sebuah perangkat elektronik di mobil. untuk bapak wahyu sebagai tambahan informasi, inverter dalah sebuah rangkaian yang di gunakan untuk menaikkan tegangan (voltase) dari sebuah catu daya agar sesuai dengn yang kita inginkan. misalnya: tagangan 12VDC ingin di ubah menjadi tegangan 24VAC atau 220VAC. demikian. semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: